Pages

Rabu, 21 Desember 2011

Wage rudolf soepratman

Wage Rudolf Soepratman (9 Maret 1903, Jatinegara,Batavia -17 Agustus 1938,Surabaya) adalah pengarang lagu kebangsaan indonesia,"INDONESIA RAYA".Bapaknya bernama SENEN,sersan di Batalyon VIII.saudara Soepratman berjumlah enam,laki satu,lainya perempuan. Salah satunya bernama Roekijem. Pada tahun 1914, soepratman ikut Roekijem ke makassar. Disana ia disekolahkan dan dibiayai oleh suami Roekijem yang bernama Willem van Eldik.
Sewaktu tinggal di Makasar, soepratman memperoleh pelajran musik dari kakak iparnya yaitu Willem van Eldik,sehingga pandai bermain di biola dan kemudian bisa mengubah lagu. Ketika tinggal di Jakarta,pada suatu kali ia membaca sebuah karangan dalam majalah Timbul. Penulis karangan itu menantang ahli ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan. Soepratman tertantang,lalu mulai menggubah lagu.pada tahun 1924 lahirlah lagu Indonesia Raya.
Ketika membublikasikan Indonesia Raya tahun 192, Wage Rudolf Soepratman dengan jelas menuliskan "lagu kebangsaan" dibawah judul Indonesia Raxa. Teks lagu Indonesa Raya dipublikasikan pertama oleh suratkabar Sin Po. Setelah dikumandangkan tahun 1928, pemerintah kolonial Hindia Belanda segera melarang penyebutan lagu kebangsaant bagi Indonsia Raya. Belanda yg gentar dengan konsep kebangsaan Indonesia,dan dengan bersenjatakan politik divide et impera lebih suka menyebut bangsa jawa,bangsa sunda,atau bangsa sumatra,melarang penggunaan kata "Merdeka Merdeka!"
meskipun demikian,para pemuda tidak gentar. Mereka ikuti lagu itu dengan mengucapkan "Mulia,mulia !",bukan " Merdeka, Merdeka!" pada refrein. Akan tetapi,tetap saya mereka menganggap lagu itu sebagai lagu kebangsa'an. Selanjutnya lagu Indonesia Raya selalu di nyanyikan pada setiap rapat partai-partai politik. Setelah Indonesia Merdeka,lagu itu di tetapkan sebagai lagu Kebangsaan perlambang persatuan bangsa.

0 komentar: